Home » » » » Cara Membuat Link yang SEO Friendly

Cara Membuat Link yang SEO Friendly

Leave a Comment!
Cara Membuat Link yang SEO Friendly
Gambar diambil dari trikmudahseo.blogspot.com
Cara Membuat Link Yang SEO Friendly, Shymbol Blog – Membangun sebuah blog yang SEO Friendly memang tidak begitu sulit, dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan link-link yang termuat dalam blog tersebut menjadi lebih SEO Friendly. Ini adalah salah satu cara yang termasuk ke dalam proses SEO ON Page dan juga termasuk ke dalam teknik White Hat SEO yang berarti teknik SEO yang halal menurut mesin pencari seperti Google.

Lalu bagaimana cara kita memaksimalkan link-link tersebut? Sebetulnya sangat sederhana, hanya mungkin karena memakan lebih banyak waktu, jadi sedikit orang yang ingin melakukannya. Caranya adalah dengan menambahkan kode-kode (TARGET, REL, TITLE) ke dalam link tersebut. Namun, diperlukan beberapa pemahaman dalam menggunakan ketiga kode-kode tersebut. Sebelum memasukkannya, anda diharuskan memahami beberapa aturan saat akan memasukkan kode-kode tersebut.

Anggap saja kode HTML sederhana saat anda membuat sebuah link adalah sebagai berikut :
<a href=’http://syahroonix.blogspot.com’>Syahroonix Blog</a>
Maka apabila anda ingin memperSEO link tersebut, anda bisa menyisipkan ketiga kode yang telah saya berikan sebelumnya ke dalam link yang ada diatas sehingga hasilnya menjadi seperti berikut :
<a href=’http://syahroonix.blogspot.com’ target=’_blank’ rel=’nofollow’ title=’Syahroonix Blog’>Syahroonix Blog</a>

Namun, ada beberapa aturan yang perlu dipahami dalam memasukkan kode-kode tersebut.
1.    Kode target=’_blank’ memiliki fungsi untuk membuka alamat URL yang ada dalam link tersebut terbuka di page baru sehingga page sebelumnya tidak tertutup secara otomatis. Ini sangat membantu pengunjung anda agar tidak perlu repot-repot melakukan klik kanan lalu Open In New Tab. Selain itu, dengan membuka tab baru tanpa menutup tab sebelumnya, itu membuat pembaca dapat dengan mudah kembali ke halaman sebelumnya, sehingga berkemungkinan pengunjung akan bisa melakukan klik terhadap link lain yang terdapat di tab sebelumnya tersebut. Untuk kode ini, tidak ada aturan khusus harus diletakkan dimana, karena lebih baik kode ini dipasang di setiap link yang termuat dalam blog anda.

2.    Kode rel=’nofollow’ memiliki fungsi untuk tanda kepada sang webcrawler atau penjelajah web dari mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman dari link yang diberi kode tersebut. Manfaatnya adalah mesin pencari menjadi tahu halaman –halaman yang harus dan tidak harus diindeks oleh mesin pencari. Ini juga memperbagus nilai blog kita di mata mesin pencari karena blog kita dianggap sebagai blog yang memiliki link-link yang berkualitas. Namun, jangan gunakan kode ini disemua link yang ada di blog anda. Gunakan kode ini hanya ke alamat yang tidak menuju ke blog anda seperti ke blog lain atau ke halaman statis (pages), hasil pencarian, dll. Dan juga, bila link yang menuju ke blog lain itu adalah hasil dari Link Exchange, maka jangan gunakan kode tersebut karena itu berarti anda telah melakukan tindakan curang.

3.    Kode title=’Syahroonix Blog’ adalah sebuah kode yang wajib di pasang dalam sebuah link. Mengapa? Karena kode ini berfungsi untuk menjelaskan halaman tujuan dari link tersebut. Kata ‘Syahroonix Blog’ dalam kode tersebut dapat dirubah dengan apapun. Namun, ada ketentuan khusus dalam menggunakan kode ini. Usahakan untuk tidak menggunakan lebih dari 10 kata dalam kode ini. Cukup deskripsikan sedikit saja mengenai link tujuan tersebut. Karena apabila lebih dari 10 kata, ada kemungkinan link tersebut bisa dianggap spam yang memuat banyak keywords walaupun sebenarnya deskripsi tersebut tidak mengandung keywords sama sekali.
Bagaimana, sudah faham mengenai ketiga kode diatas? Baiklah, sekarang saatnya kalian mengembangkan link-link yang ada dalam blog kalian tersebut menjadi link yang SEO Friendly. Dan buat kalian yang ingin mengetahui tentang apa itu SEO Friendly, kalian bisa membacanya dalam artikel kami yang lain yang berjudul Mengenal Tentang SEO Friendly. Terima kasih dan selamat mencoba.


The Author From TWB Lab.

Ahmed is a tech blogger, web-developer and a student. Started blogging at 2013 and currently leading TWBLab. You may follow him at Facebook, Twitter or Google or subscrie him at YouTube


0 komentar:

Silahkan berikan komentar anda untuk melengkapikekurangan dari artikel diatas melalui kolom-kolom komentar yang telah tersedia. komentar yang baik adalah komentar yang :

1. Tidak mengandung unsur SARA

2. Relevan dengan topik yang sedang dibahas dalam artikel

3. Tidak mengandung link hidup (live link)

4. Tidak mengandung unsur promosi

5. Mampu membangun isi artikel menjadi lebih baik dan lengkap

Scroll To Top