Home » » » » SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page dan SEO Off Page

Leave a Comment!
SEO On Page dan SEO Off Page
Gambar diambil dari www.seoexpertbrisbane.net
SEO On Page dan SEO Off Page, Shymbol Blog – Setelah sebelumnya kita mengenal tentang White Hat dan Black Hat SEO, kali ini kita akan mengenal pengklasifikasian baru dari SEO yaitu pengklasifikasian berdasarkan cara pengerjaannya.

Secara sederhananya kita dapat mengartikan kalau SEO On Page adalah sebuah cara pengoptimasian blog dari dalam seperti mengoptimalkan meta tag, title, dan link-link yang ada. Sedangkan SEO Off Page adalah sebuah cara pengoptimasian blog dari luar seperti mencari backlink (link building) dan mempromosikan link ke situs-situs terkemuka.

Untuk membangun sebuah blog yang SEO Friendly, kita harus memulainya dari SEO On Page terlebih dahulu. Setelah blog anda sudah cukup dalam SEO On Page, barulah anda boleh mencoba melakukan optimasi blog dengan cara SEO Off Page. Mengapa demikian? Karena apabila anda ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan anda maka anda harus mempersiapkannya dari hal yang paling penting terlebih dahulu, bukan? Mari kita analogikan seperti ini, kita anggap saja aktivitas Blogging itu seperti membuka sebuah toko.  Toko yang anda buka tersebut telah menyediakan segala macam benda-benda (postingan). Tapi, siapa yang mau berbelanja di toko yang tempatnya tidak apik (berat) dan berantakan (banyak error)?

Oleh karena itu, sebelum membuka toko tersebut, kita harus pastikan kalau tempat yang akan kita gunakan sebagai toko tersebut sudah layak untuk pelanggan kita atau belum? Kalau belum, maka apa yang kurang? Seperti itulah strategi yang baik untuk memperSEO blog kita.

Kriteria blog anda sudah memenuhi syarat SEO On Page atau tidak antara lain :
1.    Fast Loading
2.    Valid HTML5
3.    Valid CSS3 (Tidak Harus)
4.    Memiliki Meta Tag yang Lengkap
5.    Menggunakan Responsive Template (tidak harus)
Apabila anda merasa blog anda telah memenuhi kriteria-kriteria diatas, barulah anda mulai optimasi SEO Off Page. Beberapa jenis SEO Off Page, antara lain :
1.    Promosi ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dll.
2.    Menaruh link dengan kata kunci blog/ postingan di blog orang lain baik melalui komentar ataupun yang lainnya.
3.    Menaruh link blog atau artikel di forum-forum ternama  seperti Kaskus, dll.
Dengan memenuhi ketiga syarat diatas secara maksimal, saya berani menjamin minimal anda mendapatkan visitor lebih banyak lagi. Dan maksimalnya blog atau postingan yang ada di blog anda mampu mencapai page one SERP di Google.
Mungkin itu saja yang akan disampaikan mengenai SEO On Page dan SEO Off Page pada kali ini. Oh iya, sebelumnya buat kalian yang ingin tahu alasan kenapa Responsibility sebuah blog juga dapat dimasukkan ke dalam penilaian SEO, silahkan kalian baca artikelnya dalam Blog Responsive Mampu Menambah Nilai SEO Suatu Blog.


The Author From TWB Lab.

Ahmed is a tech blogger, web-developer and a student. Started blogging at 2013 and currently leading TWBLab. You may follow him at Facebook, Twitter or Google or subscrie him at YouTube


0 komentar:

Silahkan berikan komentar anda untuk melengkapikekurangan dari artikel diatas melalui kolom-kolom komentar yang telah tersedia. komentar yang baik adalah komentar yang :

1. Tidak mengandung unsur SARA

2. Relevan dengan topik yang sedang dibahas dalam artikel

3. Tidak mengandung link hidup (live link)

4. Tidak mengandung unsur promosi

5. Mampu membangun isi artikel menjadi lebih baik dan lengkap

Scroll To Top